Profil Meeghan Henry Tirtasaputra - ReferensiBisnis.com

15 Des 2010

Profil Meeghan Henry Tirtasaputra

Meeghan Henry Tirtasaputra
Meeghan Henry Tirtasaputra, Bernyanyi adalah hobinya sejak duduk di sekolah dasar. Meeghan Henry Tirtasaputra, gadis cantik kelahiran Jakarta 15 tahun silam, mulai belajar menyanyi di Vocal Power Academy di Los Angeles, California, Amerika Serikat, sejak usia 7 tahun.
Supaya penampilannya lebih pede, ia dimasukkan ke John Robert Power, sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan kepribadian. Di sana, bakat akting, dance, dan runway walk perempuan yang sembilan tahun lalu mengikuti orang tuanya menetap di Los Angeles itu mulai terasah.
Berbekal bakatnya, Meeghan mengikuti beragam kompetisi, seperti model, cheerleader, dan tentu saja menyanyi. Hasilnya ia menyabet tujuh penghargaan dalam dua tahun. Ia lalu memilih musik untuk masa depannya. "Saya merasa bisa menyalurkan isi hati," katanya kepada Tempo melalui surat elektronik yang disampaikan lewat agen public relations-nya di Jakarta.
Tamat SD, Meeghan melanjutkan sekolah bidang seni di Milikan Middle School of Performing Arts. Bakat menyanyi Meeghan makin mumpuni karena banyak diminta menyanyi di acara sekolah dan kegiatan di kota tempat tinggalnya. Ia terpilih menyanyi pada upacara pengambilan sumpah Dewan Pendidikan Los Angeles.
Orang tuanya, Djie Sing Tjwan dan Christina Endang Pratiknjo, memilih sekolah menengah atas yang mendukung bakat putrinya. Meeghan masuk jurusan vokal di Los Angeles High School of Art. Sekolah ini banyak mencetak penyanyi terkenal, seperti Josh Groban dan Fergie dari Black Eye Peas.
Tahun lalu, saat berlatih di salah satu studio di California, Meeghan bertemu dengan Ronnie King, produser musik yang kerap bekerja sama dengan musisi top dunia, seperti Mariah Carey, Tupac Shakur, dan Snoop Dogg. King mengagumi suara dan kemampuan Meeghan menulis dan mengaransemen lagu. Akhir tahun lalu, Meeghan dikontrak King lewat label Wright Records. Meeghan mengambil jalur musik pop dengan sentuhan R&B dan hip-hop.
Pada 20 Februari lalu, setelah melakukan rangkaian lima konser awal di berbagai tempat, Meeghan menuntaskannya dengan konser gemilang di Saban Theatre, Beverly Hills, California, bersama musisi Amerika kenamaan, Colby O. Donis. Lagu-lagu Meeghan menyasar kaum remaja Amerika Serikat, meski ia pernah menyanyikan lagu bertajuk anak kecil, seperti Spooky dan Best Friends Forever. Dalam albumnya, Meeghan tak mengikutkan lagu-lagu bertema anak kecil dan Disney. "Saya tidak mau masuk ke situ," ujarnya.
Beberapa lagu dalam album perdana Meeghan di antaranya In the Moment, I Wanna Say Yes, dan Make You Mine. Lagu-lagu tersebut menggambarkan hasrat dunia anak muda yang penuh warna, dinamis, dan ceria. Dari 12 lagu yang masuk rekaman, 10 lagu diciptakan sendiri. Inspirasi Meeghan berasal dari pengalaman pribadi, keluarga, teman, maupun imajinasinya. "Saya puas dengan lagu-lagu ciptaan saya sendiri," katanya.
Meski masih belia, Meeghan tak dilarang berkarier secara profesional. Ia mengatakan di Negeri Abang Sam tak ada larangan untuk berkarier bagi anak seusianya. "Kecuali kalau masuk Disney dan Nickelodeon."
Meeghan cepat dikenal karena rambutnya yang hitam dan panjang hingga sepinggang. Itu berbeda dengan gaya rambut selebritas Amerika. "Kalau sama seperti yang lain, tidak banyak peminat," ia beralasan. Meeghan sengaja merawat rambutnya sejak kecil. "Saya orang Indonesia tidak mau seperti selebritas Amerika."
Apa kunci sukses Meeghan? Ia mengutip pepatah lama: kegagalan bukan akhir, melainkan awal keberhasilan. "Sayang, banyak orang yang menyerah ketika gagal," tuturnya. Jika sebuah usaha dilakukan ajek dan terfokus, Meeghan yakin keberhasilan akan segera direngkuh.
Ia mengakui kesibukan di dunia tarik suara mengganggu pelajaran sekolah. Karena itu, Meeghan kerap membawa tugas sekolahnya saat rekaman, yang bisa menghabiskan waktu beberapa hari. Namun ia tetap menikmati sekolah dan kariernya itu. "Saya belum berpikir mau homeschool," ujarnya.
Di saat senggang, Meeghan mengisi waktu dengan mengarang lagu dan bermain piano. Ia juga suka mengarang cerita, yang sudah dikerjakan sampai 100 halaman.
Tinggal di negeri orang tentu kerap membikin kangen pada negeri sendiri. Tiga tahun terakhir, Meeghan kerap berkunjung ke Indonesia. "Banyak keluarga di sini," ia berucap. Selain itu, ia suka kangen makanan Indonesia. Meeghan mengacungkan jempol untuk makanan negerinya ini. Nafsu makannya tak bisa dibendung ketika melihat sate dan bakmi. 
Nama lengkap: Meeghan Henry Tirtasaputra
Panggilan: Meeghan
Lahir: Jakarta, 7 Januari 1995
Orang tua: Djie Sing Tjwan dan Christina Endang Pratiknjo
Pendidikan: Los Angeles High School of Art grade X (kelas I)
Lagu
1. In the Moment
2. I Wanna Say Yes, duet dengan Gavin Jay
3. Make You Mine, duet dengan Clinton Gunnel
4. Fallin' for You
5. It's Over
6. It's Time (masih dalam proses rekaman dan direncanakan berduet dengan Jeff Timmons dari 98 Degree
7. Boom-boom-boom

Penghargaan
1. Juara II Child Model of the Year, 2002
2. Hawaiian Tropic Best Child Model 2003
3. Cheerleader of the Year, 2003
4. Little Miss San Dimas, 2004
5. Juara II Youth Vocal Soloist City of Covina, 2004
6. Academic Achievement Awards on Elementary Graduation
7. Juara I Teen Talent Show Winner, City of San Dimas, 2006
8. Perwakilan murid SMP pada upacara pengambilan sumpah Dewan Pendidikan Los Angeles 


sumber : korantempo.com / Youtube

Share with your friends

2 komentar

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Baja Ringan Semarang