10 tools terbaik untuk menganalisa halaman Web/Blog - ReferensiBisnis.com

23 Mar 2011

10 tools terbaik untuk menganalisa halaman Web/Blog


Keberhasilan beberapa blog/situs populer bukan karena kejeniusan mereka memainkan SEO dan Keyword, bukan juga karena content yang mereka tulis memang merupakan materi populer, tapi banyak sekali faktor-faktor yang menentukan, ini sebaiknya yang harus kita cermati sekaligus dipelajari jika ingin blog kita benar2 bisa sejajar dengan blog/situs populer lainnya. Cara inilah yang selalu saya lakukan bila setiap kali menemukan situs2 populer, saya selalu melakukan riset, mempelajarinya, lalu mencoba mengakses keberbagai data statistik mereka. Dan cara ini lumayan berhasil dari pada saya harus menghabiskan waktu mempelajari keyword utama mereka, apalagi sampai membuat duplikat konten terbaik pada situs populer tersebut :D pokoknya jangan sampai dah..

Nah, daripada tanya sana-sini gak jelas, lebih baik saya sarankan kita mencoba menganalisa statistik halaman mereka secara langsung. Caranya mudah saja, coba pelajari statistik halaman kita sendiri terlebih dahulu, sekarang coba bandingkan dengan beberapa halaman web populer lainya. Lihat dan coba perhatikan statistik web mereka, misalkan dengan membandingkan kecepatan loading page, bandingkan jumlah karakter keyword dan deskripsi yang mereka gunakan, pada layanan populer mana saja halaman mereka teridex bla..bla.. dan tentu saja masih banyak lagi yang harus kita pelajari. Yang jelas, semakin sering kita melakukan riset, semakin banyak pula ilmu untuk memudahkan kita menemukan jawabannya.

Dibawah ini merupakan 10 tools terbaik yang biasa saya gunakan untuk melakukan riset dan mencoba menganalisa halaman-halaman web/blog target, silahkan dicoba aja dulu:

1. En.pageboss.com
Pageboss mampu menganalisa halaman blog dengan lengkap dan sukup mendetail, kita bisa melihat beberapa informasi penting diantaranya site ranking dan kualitas trafik dari beberapa search engine dan layanan statistik populer lainnya.

2. Seorush.com
Cara kerja Seorush hampir mirip dengan Pageboss, sayang halaman yang ditayangkan tidak begitu detail. tapi lumayan juga sebagai tool pembanding.

3. Pagemasher.com
Layanan ini juga memberikan analisa yang sangat lengkap, setiap analisa ditayangkan berdasarkan tab tersendiri. sayangnya beberapa alamat domain kadang ada yang tidak support.

4. Urlmetrix.com
Tools UrlMatrix ini pernah saya jelaskan di tulisan sebelumnya, jadi silahkan di baca kembali tulisan terdahulu disini.

5. Tools.pingdom.com
Cool..layanan Page Speed Test inilah yang sampai saat ini masih saya gunakan, layanan ini mampu memberikan informasi lengkap dalam mengalisa setiap ukuran image yang kita gunakan pada halaman web. Terus terang saya selalu memperhatikan masalah ukuran gambar, anda bisa cek sendiri sebesar apapun ukuran gambar yang saya gunakan dan biasnaya tidak lebih besar dari 10KB.

6. Browsershots.org
Jangan bangga dulu dengan tampilan desain template kita saat ini, sebagus apapun kalau cuman bagusnya di firefox doank kan percuma hehehe. jadi selalu gunakan layanan Browsershots sebagai tools pembanding apakah tampilan blog/site kita sudah tampil sesuai harapan jika ditampilkan menggunakan web browser yang berbeda.

7. Websiteoptimization.com
Tool ini termasuk web page speed report yang akurat, dan ada banyak sekali informasi yang tayangkan. Selain hanya menyampainkan informasi penting pada halaman web yang dianalsis, kita juga diberikan solusi serta pemecahan masalah.

8. Seocentro.com
SeoCentro merupakan salah satu tool SEO favorite saya, walaupun termasuk tool SEO jadul, tapi perannya sangat berguna juga sebagai Meta Tag analysis.

9. Tester.jonasjohn.de
Tools analisis web dan SEO yang terbilang sangat kompleks dimana layanan ini dikemas kedalam satu paket all in one. Terus terang saya jarang sekali menggunakan layanan ini tapi tidak ada salahnya di uji coba dulu :)


10. GHDB
Mana ada tools web analisis terbaik selain Google itu sendiri, manfaatkan selalu Google Search untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Gali dan terus gali semua informasi yang anda butuhkan..karena apapun pertanyaan anda semua sudah terjawab di Google. Satu rahasia yang jarang diungkap para master SEO, yaitu Google hack dan basic SEO dari Google itu sendiri..ini bisa rekan pelajari pada GHDB (Google Hack Data Base) yang sebenarnya sudah lama sekali dikelompokan kedalam satu database yang dikembangkan oleh Johnny i hack stuff. Silahkan pelajari cara Google menganalisa halaman web target, tapi bukan cara h*cking-nya lho ya. Trus alamat link-nya mana?? nah itu dia, silahkan di Googling aja pasti ketemu kok :D

Sebenarnya beberapa layanan diatas bukanlah sebagai solusi, tapi hanya sebagai tools mempermudah pekerjaan anda saja. Saya selalu berusaha membuat pembaca blog ini tidak manja. Dan jujur saja, membangun blog itu sangat sulit dan tidak semudah membalikan telapak tangan, semua butuh waktu tenaga dan pikiran. Jadi pelajari saja karateristik blog/site populer sesuai target yang ingin anda pelajari statistiknya, saya yakin semakin sering anda menganalisa, semakin mudah saja anda akan menemukan jawaban pada akhirnya. thanks o-om.com

Share with your friends

1 komentar

  1. thanks for share gan, manfaat banget buat nambah ilmu seo

    visit my blog
    www.bateraibebe.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Baja Ringan Semarang