Rekomendasi info bisnis online terbaru 2016 hingga referensi peluang usaha home industri sampai perusahaan jenis jasa dan perdagangan terpercaya.

TEBAK KARAKTER ORANG LAIN

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan seorang yang introver saja mempengaruhi seribu orang dalam hidupnya. Saya berpikir mungkin dihitung semenjak orang introver ini lahir dan bertemu dokter atau bidan yang membantu persalinan …dan tidak ketinggalan pula suster yang memandikannya. Entah berapa jumlah pasti manusia yang kita temui, adalah sebuah fakta bahwa selama kita hidup, di berbagai bidang kehidupan dan aneka aktifitas, kita pasti bertemu manusia.

Dalam buku “how to win and influence friends” oleh Less Giblin, dikatakan bahwa 95% keberhasilan kita ditentukan oleh bagaimana kita berinteraksi dengan manusia. Keberhasilan atas sesuatu, dikarenakan oleh banyak orang … bahkan jumlah orang yang membuat kita menjadi sekarang ini, hingga hari ini, melebihi jumlah yang kita pernah bayangkan .
Hari minggu adalah hari yang kita tentukan saat saya dan teman teman, yang sebagian dari mereka guru bahasa inggris, sebagai hari kita adakan English Club. Tujuan meeting ini adalah untuk melatih diri kita aktif berkomunikasi dalam bahasa inggris. Tema cukup berfariasi hingga suatu hari saya membawakan topik tentang suatu buku yang menarik perhatian semua peserta EC, buku yang membahas tentang karakter manusia.

Dalam Buku berjudul “personality plus” oleh Florence Litauer, dikemas secara sangat sederhana sehingga semua orang yang membacanya untuk pertama kalinya hampir bisa secara langsung paham tentang tipe karakter apa saja yang ada dalam diri manusia. Menariknya, Begitu kita sudah memahami karakter diri kita, secara bertahap pula kita bisa memahami karakter hampir semua orang yang kita temui.
Lucunya, saking tertariknya para peserta EC akan buku tersebut, saya seperti seakan akan menjadi seorang peramal. Seorang yang bisa melihat tajam kedalam diri orang lain dan menebak tepat karakter masing masing peserta. Padahal saya Cuma mempelajari tipe karakter diri saya, mulai memperbaiki kelemahan karakter saya, dan membandingkan dengan karakter yang berbeda pada diri orang lain… ya tentu saja gak itu saja, ini Cuma untuk mempersingkat cerita.
Ada beberapa manfaat yang cukup menarik untuk diceritakan, salah satunya adalah harapan yang proporsional terhadap orang lain. Ada yang mengatakan bahwa besarnya kekecewaan kita terhadap orang lain, di ukur dari jarak antara harapan kita dengan realita. Kalau kita terlalu besar mengharapkan orang lain untuk berpikiran sama dengan diri kita, semakin besar pula kekecewaan yang kita rasakan… dan mungkin sering. Begitu sebaliknya, bila harapan kita sesuai dengan realita yang ada, atau paling tidak jaraknya tidak terlalu jauh, semakin kecil pula ukuran kekecewaan kita terhadap orang lain.
punya teman yang sering kluyuran? Kalau sudah membaca hingga paragraph ini, sepertinya pernah memiliki teman seperti itu. Tipe yang memiliki banyak teman, gak pernah betah dirumah, … apalagi baca buku, sering melupakan hal hal spele yang kita anggap penting… yang salah satunya nama nama jalan, dan yang paling menyebalkan adalah memudahkan segala hal yang kita pikir itu adalah hal berat untuk ditinggalkan.
Ada karakter yang cenderung diam dan tidak banyak omong. Ciri khas yang terlihat jelas adalah mudah menerima keadaan apapun yang menghadang, tidak menyukai sengketa dan cenderung mendamaikan. Sayangnya, kelemahannya adalah sulit mengambil keputusan dan suka sekali yang namanya menunda. Menariknya, dia adalah seorang pendengar setia bagi siapa saja yang ingin curhat.
Lain dengan tipe yang satu ini, orang ini tahu benar apa yang harus dilakukan, bahkan keputusan sangat cepat ditentukannya dengan mudah. Orang ini berpikir bahwa dunia pasti beres bila ada dirinya, kadangkala kalau karakternya yang cenderung extrim, justru orang lain, menurut pikirannya malah merepotkan dan mengganggu. Ini menyebabkan banyak orang tidak menyukainya.
Satu ini cukup menarik, dia cenderung perfectsionist, tidak akan pernah lupa akan janji, tanggal ulang tahun, hadiah pemberian dan segala hal kecil yang menarik perhatiannya. Menyukai kerapihan berpakaian dan sangat hati hati melangkah dalam setiap aktifitas. Sangat menyukai keteraturan hampir disegala bidang kehidupan, biasanya rumah atau ruang tidurnya tertata rapih pada tempatnya.
Florence mengatakan bahwa kita memiliki semua karakter yang baru saya sebutkan sekilas diatas, Cuma hanya satu yang mendominasi … dan disitulah letak kelebihan dan kelemahan yang harus kita sikapi dengan sebaik baiknya. Bila sudah memahami jenis karakter utama diri kita, sedikit demi sedikit kita mulai memahami karakter pada diri orang lain baik yang sama maupun berbeda dengan diri kita.
Salah satu peserta EC pada akhirnya membeli buku tersebut beberapa hari setelah meeting kita berakhir. Kali ini dia sekarang sudah mulai memahami kenapa orang tua nya sering kali berbeda pendapat dengan nya, bahkan dia, yang dulunya hanya suka cerita novel, sekarang senang membaca yang berkaitan dengan psikologi bila sekarang ke toko buku.
Kita selalu akan berhadapan dengan manusia, individu yang unik, menarik dan berbeda dengan diri kita. Pengalaman menarik, lucu dan mungkin konyol justru seringkali terjadi dimana kita berhadapan dengan orang lain yang sama sekali berbeda dengan diri kita…. Oh ya, itu mungkin hanya terjadi bila kita bisa menerimanya sebagai suatu hal yang wajar dan normal.
selamat belajar dan sukses selalu.

0 Komentar untuk "TEBAK KARAKTER ORANG LAIN"

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Back To Top