Rekomendasi info bisnis online terbaru 2016 hingga referensi peluang usaha home industri sampai perusahaan jenis jasa dan perdagangan terpercaya.

Panduan Cara Jailbreak Iphone Lengkap


Dibawah iini adalah tutorial lengkap cara jealbreak iphone aplle versi 3.1.1
Panduan ini adalah bagaimana melakukan jailbreak pada iPhone kamu.
Jailbreak adalah proses meretas iPhone OS agar dapat menerima aplikasi gelap (bukan melalui jalur resmi Apple App Store). Perlu dicatat, bahwa proses Jailbreak ini bukanlah proses buka kunci (unlocking) operator/SIM. Untuk buka kunci operator atau SIM ada prosedur lain diluar Jailbreak.

Peringatan keras: Jailbreak adalah prosedur ilegal. Artikel ini dipublikasikan untuk tujuan edukasi. Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada perangkat Anda. Gunakan informasi ini dan lakukan dengan bijak

JANGAN PERBAHARUI ITUNES ANDA KE VERSI 9.1, TERUTAMA BAGI YANG MEMBUTUHKAN BLACKRA1N UNTUK MENJAILBREAK IPHONE ATAU IPOD TOUCH ANDA!
UPDATE (KHUSUS 3.1.3)  :
  1. KHUSUS PENGGUNA iPHONE 3GS DENGAN PRODUCTION WEEK 41 KE ATAS, MOHON UNTUK TIDAK MEMPERBAHARUI iPHONE ANDA KE OS 3.1.3! (KECUALI ANDA TAHU APA YANG ANDA LAKUKAN DAN TAHU RESIKONYA!)
  2. Untuk pengguna iPhone 2G, iPhone 3G dan iPhone 3GS dengan production week 40 ke bawah (dapat dicek disini dengan memasukkan nomor serial), dapat menggunakan metode pertama yaitu dengan menggunakan Pwnage Tools 3.1.5 (unduh disini) untuk pengguna Mac.
  3. Berikut tautan untuk iPhone OS 3.1.3 IPSW yang dibutuhkan :
—————————————————————————————————————
Melalui tutorial ini, saya akan menjelaskan cara-cara yang harus ditempuh untuk men-jailbreak semua jenis iPhone yang ada saat ini, yaitu iPhone 2G, iPhone 3G dan iPhone 3GS. Agar tidak membingungkan, beberapa tutorial yang pernah ditulis sebelumnya bisa dianggap kadaluarsa seiring berjalannya waktu, sehingga anda harus menggunakan tutorial ini. Tutorial ini akan dibagi berdasarkan seri iPhone yang anda gunakan dan seluruhnya menggunakan iPhone OS 3.1.2 maupun 3.1.3. Langkah-langkah yang ada disini diperuntukkan untuk pengguna Mac.
iPhone 2G
iPhone 2G merupakan seri iPhone yang paling mudah untuk di-jailbreak dan sekaligus di-unlock. Beberapa software dan berkas yang harus dimiliki serta dipersiapkan antara lain :
Untuk prosedur yang digunakan adalah prosedur pertama yaitu menggunakan PwnageTool.
iPhone 3G
iPhone 3G merupakan seri iPhone yang sedikit lebih mudah untuk dijailbreak dengan menggunakan blackra1n.
Untuk prosedur yang digunakan adalah prosedur kedua yaitu menggunakan blackra1n.
iPhone 3GS
iPhone 3GS merupakan seri iPhone yang paling sulit untuk di-jailbreak. Khusus untuk iPhone 3GS, tutorial ini dapat efektif bagi unit yang dibeli sebelum akhir tahun 2009 karena semua unit iPhone 3GS yang dilepas pada akhir tahun 2009, baik Software Unlock maupun Factory Unlock, dipasang sebuah ‘proteksi’ dari jailbreak sehingga setiap kali anda menyalakan iPhone, anda harus mengulangi prosedur kedua, yaitu dengan menggunakan blackra1n atau Pwnage Tools. Hal ini dikenal dengan tethered jailbreak.
Untuk prosedur yang digunakan adalah prosedur kedua yaitu menggunakan blackra1n.

Prosedur

Prosedur Pertama : PwnageTools
Cara :
  1. Unduh semua perangkat lunak yang dibutuhkan. Jangan lupa perbaharui Mac OS X hingga versi 10.6.2 supaya sistem lebih stabil. Anda bisa memesan update combo Mac OS X dan semua software yang dibutuhkan ke kami kalau koneksi internet Anda tidak memungkinkan.
  2. Hubungkan iPhone 2G Anda ke Mac menggunakan kabel USB.
  3. Jalankan aplikasi Pwnage Tool. Lalu pilih OK.
  4. Pilih jenis iPhone yang anda gunakan. Apabila Anda tidak yakin, iPhone 2G mempunyai bagian belakang alumunium, iPhone 3G mempunyai bagian belakang hitam atau putih.
    Screen shot 2009-10-14 at 1.35.16 PM
  1. Pwnage Tool akan mencari firmware yang dibutuhkan secara otomatis. Pada versi ini, pencarian firmware membutuhkan waktu yang lebih lama. Lalu, pilih firmware tersebut. Pilih tombol tanda panah biru untuk melanjutkan proses.
  2. Screen shot 2009-10-14 at 1.53.23 PM
  3. Pilih Yes untuk meletakkan firmware yang dimodifikasi di Desktop. Ingat-ingat nama berkasnya, karena ini merupakan berkas penting.
  4. picture-7
  5. Pilih Yes bila anda menggunakan operator resmi dan pilih No bila anda menggunakan operator lain.
  6. picture-8
  7. Pwnage Tool akan memodifikasi firmware terlebih dahulu. Di tengah perjalanan, Pwnage Tool akan meminta kata sandi anda. Selanjutnya, pilih No.
  8. picture-9
  9. Tahap berikutnya adalah bila iPhone anda adalah iPhone 2G dan 3G,  dilanjutkan dengan proses untuk mengubah iPhone ke dalam mode DFU. Langkah tersebut: matikan iPhone – tekan tombol Sleep dan Home selama 10 detik – lepas tombol Sleep dan tetap tekan dan tahan tombol Home selama 10 detik kedua. Langkah ini harus tepat dilakukan, mungkin harus beberapa kali coba. Lanjutkan ke tahap no. 6. Namun, bila iPhone anda adalah iPhone 3GS, maka Pwnage Tools akan memasukkan payload ke dalam iPhone anda untuk memancing iPhone masuk ke Recovery Mode. dan lanjutkan ke tahap ke 7.
  10. picture-10
  11. Maka, iPhone akan memasuki mode DFU (apabila proses di atas dilakukan dengan tepat).
  12. iTunes akan meminta anda untuk mencabut dan memasang kembali kabel USB iPhone anda. Lakukan perintah iTunes!
  13. Lalu, dengan iTunes dalam keadaan aktif, tekan dan tahan Option (Mac) dan klik tombol Restore. Pilih IPSW yang sudah dimodifikasi di Desktop anda. Lalu, pilih Open.
  14. itunes_restore
  15. iTunes akan menginstalasi iPhone OS 3.1.2 / 3.1.3 yang sudah dimodifikasi pada iPhone 2G/3G/3GS anda.
  16. Setelah proses jailbreak selesai, maka muncul aplikasi Cydia.
Prosedur Kedua : blackra1n (hanya pada OS 3.1.2)
  • Pasangkan iPhone anda ke komputer dengan kabel USB . Lalu jalankan aplikasi blackra1n yang sudah diunduh sebelumnya. Lalu tekan tombol ‘make it ra1n’.
  • iPhone anda akan memasuki mode recovery. Lalu, akan muncul gambar GeoHot, yaitu pengembang dari blackra1n sendiri.
  • Setelah beberapa saat, iPhone anda akan reboot dengan sendirinya.
A pop up will show up asking you to donate. If you successfully jailbreak your iPhone, I suggest you send $5 or $10 to GeoHot.
  • Setelah iPhone anda selesai reboot, muncul aplikasi baru yaitu blackra1n. Dengan aplikasi inilah, anda dapat memasang Cydia pada iPhone anda. Luncurkan blackra1n. Pastikan anda terhubung dengan koneksi internet (selular maupun WiFi)
  • Pilih aplikasi yang anda ingin pasang. Saya sarankan untuk memasang Cydia saja. Lalu pilih ‘Install’. Maka, blackra1n akan mengunduh Cydia untuk anda.
blackra1n app
  • Sesudah proses instalasi selesai, iPhone akan me-respring secara otomatis dan aplikasi yang anda pilih akan muncul di Springboard iPhone anda. Setelah ini, anda dapat menghapus aplikasi blackrain dengan memilih ‘Uninstall blackra1n’ dari dalam aplikasi blackra1n sendiri.
blackra1n cydia installed
Semoga tutorial yang saya berikan mampu menjawab solusi anda selama ini. Bila anda yang belum dimengerti atau ingin mengetahui lebih detail, bisa menghubungi saya langsung melalui Y!M : iphonemakemac. Terima kasih dan nikmati iPhone anda yang sudah ter-jailbreak!

0 Komentar untuk "Panduan Cara Jailbreak Iphone Lengkap"

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Back To Top