Rekomendasi info bisnis online terbaru 2016 hingga referensi peluang usaha home industri sampai perusahaan jenis jasa dan perdagangan terpercaya.

MENJADI MUSISI YANG BERKUALITAS

Berbicara tentang musik, Indonesia memang seolah tak pernah kehabisan tunas-tunas kreatiff. Setiap hari semakin banyak bermunculan musisi (band/solo) dari label mayor, dan indie apa lagi. Kalo dikumpulin ada ribuan musisi indie dan puluhan karya di Indonesia. Dari yang standar sampe yang di atas rata-rata. Dari yang alay sampai yang muantab...!!!. Jika anda ingin memenangkan persaingan di dunia musik, wajiblah hukumnya memiliki sesuatu yang menarik, unik dan lain dari pada yang lain, baik itu lagu ataupun performance. Nah dengan begini musik/band akan jadi keren and beda banget. Berikut tips untuk membantu anda mewujudkannya.

Bahan Dasar Pada dasarnya, kekuatan sebuah lagu itu terdapat pada tiga unsur utama : Melody, Lirik dan aransemen. Bahasa dasar dari musik adalah audio. Sehinggga keunikan dan keindahan melody (komposisi nada) menjadi "bahan dasar" yang utama dalam menciptakan sebuah lagu yang bagus sehingga tetap enak didengar meskipun dimainkan tanpa vokal (instrumental). Bahan dasar yang kedua adalah lirik. Banyak penulis lagu yang menciptakan lagu dengan melody yang biasa-biasa saja namun mampu menulis lirik yang sangat spektakuler, sehingga lagunya menjadi hits yang terkenal dan melegenda dari masa ke masa. Bahan dasar yang ketiga terakhir adalah aransemen lagu. Disinilah kita menentukan "packaging" lagunya seperti apa. Genre lagunya apa, instrument yang digunakan apa saja serta bagaimana komposisi dan harmonisasinya. Jarang ada orang yang mampu membuat melody yang unik dan lirik yang bagus secara bersamaan sehingga mereka yang mampu melakukannya dianggap jenius. Namun jika anda kemampuan membuat nada dan lirik anda kurang tajam, hal ini masih bisa kita tutupi dengan pembuatan aransemen
yang menarik.

Proses Memasak JIka anda sudah memahami bahan dasar di atas, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah proses memasaknya atau proses pembuatan lagunya. Sebenarnya gak ada aturan baku dalam bikin lagu, yang penting anda mengerti format yang yg umum dipakai (biasanya Intro+Bait+Reff+Outro atau bagian2 lainnya). Tapi itu tidak mutlak, gunakan saja imaginasi anda. Biarkan ide - ide anda mengalur bebas dan menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati.
Berikut beberapa tips cara membuat lagu yang baik :

1. Be Creative..!! Jangan dulu dipusingkan dengan kemungkinan bisa sama dengan lagu lain. Just do it! setelah selesai, baru direview.

2. Coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya. Hal ini akan memberikan banyak referensi kepada anda untuk modal membuat lagu sendiri.

3. Musik itu harus punya nyawa. Biarkan lagu itu menceritakan isi hati anda yang ingin anda ungkapkan kepada orang / diri sendiri.

4. Cari tau sampe dimana tingkat musikalitas anda. Mencoba membuat lagu, lalu mengkategorikannya ke dalam musik - musik yang berada di sekitar anda! apakah anda berada dijalur mainstream atau indie.

5. Jangan miskin tema. Anda bisa ambil referensi dari band atau artis lain.

6. Jangan selalu ngikutin band-band yang sudah mempunyai nama besar. Komersil bukan berarti anda harus ikut-ikutan band lain. Tapi untuk mulai dari band referensi juga tidak masalah.

7. Jangan selalu ngikutin lagu-lagu yang lagi ngehits.

8. Kombinasi personil harus ada yang ditonjolkan. Misalnya kalo gitaris anda jago, anda tonjolin sedikit kemampuan gitaris anda.

9. Kalau sudah memiliki musik yang unik, usahakan agar liriknya jangan sampai lemah.

10. Jangan berpikir tipikal. Contoh, anda memikirkan lagu yang disukai anak - anak kuliah itu yang seperti apa ya? Yang disukai ibu-ibu rumah tangga kayak apa ya?

11. Jangan membuat lagu yg terlalu idealis, yang hanya dapat dimengeri oleh anda seorang, tanpa memikirkan orang lain.

12. Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yang dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dengan gitar pun lagu bisa terdengar bagus. Ingat, bagus bukan berarti ramai. Bukan juga berarti juga kaya bunyi.

13. Jangan takut mendengar kritikan orang pada lagu anda. Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu anda menjadi bagus

Penampilan Anda Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya? Hal ini penting (untuk disesuaikan dengan lagu anda buka untuk gaya - gayaan doank). Penampilan anda akan mencerminkan citra atau image anda. Jadi anda perlu memikirkan kostum apa yang sesuai dengan lagu anda, bagaimana penampilan dan aksi panggung anda, perangkat pendukung yang anda suguhkan dalam setiap penampilan anda, dll. Intinya dalah bagaimana memberikan kesan yang begitu mendalam sehingga membekas di hati para audiens yang menyaksikan penampilan anda.


sayapnusantara.blogspot.com 
www.thejeo.blogspot.com

Back To Top