Rekomendasi info bisnis online terbaru 2016 hingga referensi peluang usaha home industri sampai perusahaan jenis jasa dan perdagangan terpercaya.

0816587022 Harga Grosir Rangka Atap Baja Ringan Murah Semarang Per Batang

Daftar lengkap harga grosir rangka atap baja ringan murah semarang per batang full jasa pemasangan MULAI 80rb an per m2 rangka atap baja ringan di semarang profesional berpengalaman bisa borongan. Dari segi desain yang keren dan minimalis, rangka atap baja ringan ini bisa di sesuaikan dengan keinginan anda dengan keahlian jasa pemasangan rangka atap baja ringan semarang berpengalaman bertahun tahun.

Di zaman yang serba praktis, dinamis, dan cepat ini rumah bukan sekadar tempat tumpukan perabot hias dan ornamen berkelas. Sesuai dengan fungsinya, rumah yang ideal harus memberikan kenyamanan, keamanan, sekaligus higienitas. Esensi inilah yang melahirkan tren minimalis atap baja ringan (kompas.com.)


JASA PEMASANGAN PLUS MATERIAL MULAI 80ribuan SILAHKAN HUBUNGI CV. Truss Guna Sanjaya : 0816587022

Harga Grosir Rangka Atap Baja Ringan Semarang Per M2

jasa pasang atap baja ringan semarang

distributor rangka atap baja ringan semarang




Jasa Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan - Dalam bukunya Ilmu Konstruksi Bangunan 2, Heinz Frick menuliskan tentang atap ini dengan menggambarkan 23 jenis bentuk atap, termasuk didalamnya atap biasa sampai bentuk atap kombinasi. Seiring dengan perkembangan jaman juga, konstruksi dan model atap ini tidak ketinggalan untuk menyesuaikan dengan desain, penyesuain ini menjadi unik karena atap menjadi lebih variatif. Cenderung tidak terjebak dalam bentuk konstruksi konvensional seperti atap pelana atau atap perisai dan kombinasi diantara keduanya. Desain atap yang tidak terjebak dalam pakem lama ini menimbulkan sedikit banyak masalah dalam konstruksinya, terutama bagi mereka yang memakai material rangka atap baja ringan. Selain faktor kekakuan, fleksibilitas dan kekuatan rangka atap baja ringan yang beragam juga faktor pengawasan, pengujian struktur yang masih beragam. Disamping itu juga masalah pemasangan menjadi satu masalah tersendiri, jika tidak dilakukan oleh tenaga pasang yang terlatih maka desain sebagus apapun akan menjadi sia-sia saja. Faktor pemasang ini juga menentukan kualitas desain yang hendak didapat.




Variasi atap yang berkembang ini harus mampu dijawab oleh para aplikator rangka atap baja ringan untuk memberikan hasil yang sesuai dengan permintaan costumer. Jangan sampai konstruksi atap berubah hanya karena ketidakmampuan aplikator dalam menerjemahkan bentuk variasi atap yang sudah didesain oleh arsitek.

Desain yang bervariasi ini juga menjadi sebuah alasan untuk mengembangkan variasi atap, desain yang berkembang ini tentunya melibatkan semua unsur yang terlibat didalam aspek pembangunan, mulai dari pondasi, lantai, dinding, dan atap. Bayangkan jika salahsatunya tidak terlibat dalam pengembangan variasi, mungkin seperti sayur tanpa garam, ada yang kurang dari bangunan tersebut. Tetapi jika dilakukan menyeluruh, maka kepuasan dalam membangun dan memiliki rumah akan dirasakan semua pihak. Sedikit saja perubahan akan menjadi hal yang menarik dari bangunan tersebut, tentunya perubahan kearah yang positif.

Variasi bentuk atap bangunan ada yang menjulang dan memakai atap dengan bentuk setengah pelana yang dimodifikasi terlihat berbeda dengan rumah di sekitarnya. Sepintas terlihat bahwa bangunan ini seolah olah terbagi dua yang ditandai dengan garis dinding yang tegas dan menerus dari atap hingga ke lantai satu.

Zulfikri dalam webblognya (http://zulfikri.wordpress.com) menuliskan, dalam menikmati bangunan dengan atap-atap ini beberapa para arsitek dalam beberapa seminar mengungkapkan bahwa dalam menilai keindahan menikmati atap miring teori yang tepat adalah teori obyektif, karena teori obyektif ini merupakan kondisi nyata yang dikandung oleh atap itu sendiri. Dan dapat ditelaah secara sistematis. Ada tujuh unsur yang dapat dipakai untuk menilai keindahan yaitu unsur kesatuan, perbandingan ukuran (proporsi), skala, keseimbangan, irama, urutan dan klimaks. Ketujuh unsur ini memang tidak harus selalu terpenuhi, misalnya karena perimbangan teknis, ekonomi ataupun fungsi.

Pertimbangan teknis yang menjadi alasan perancangan adalah mendapatkan keselarasan antara ide dengan pelaksanaan, jangan sampai atap yang demikian bagusnya menjadi masalah dalam pelaksanaannya. Untuk itu tidak ada salahnya sebelum mengeksekusi desain yang hendak dilaksanakan, konsultasikan dengan konsultan struktur. Khususnya yang hendak memakai rangka atap baja ringan karena beragamnya bentuk profil (Hat, C, Z, dan Hollow), tidak ada salahnya bertanya banyak dalam hal struktur dan pelakasanaannya. Ini menjadi pertimbangan karena setiap profil memiliki perbedaan dalam perakitan struktur rangka atapnya.

Atap, suatu elemen bangunan yang sangat berperan dalam menentukan ciri dan bentuk bangunan, karena berperan penting dalam menentukan ciri maka pemilihan variasi bentuk atap serta struktur konstruksinya harus menjadi pertimbangan yang matang. Beberapa produsen baja ringan sudah terbukti bisa melaksanakan setiap variasi atap yang diminta oleh costumer dengan struktur yang terjamin kuat dan kaku.

oleh: iden wildensyah















Konstruksi Atap Baja Ringan Tampilan Mewah Kokoh


Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal adalah langkah tepat, karena dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini berarti kita juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Sesuai dengan namanya, material ini memang sangat ringan. Bobotnya per meter persegi hanya sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang bobotnya sekitar 40 kg/m2. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Meskipun tipis, baja ringan memiliki kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4 mm – 1mm.


Walaupun ringan tapi Anda tidak perlu khawatir karena material berbahan baku zincalume atau galvalume ini daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit akan memberikan nilai ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan. Biaya per meter persegi jika ingin merenovasi atap dengan material baja ringan tergantung kualitas dan merk dagang material ini di pasaran, kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap (kelas I), tentunya harga baja ringan ini relatif murah.

Jika ita mendapatkan job untuk mendesain atap baja ringan dengan SAP atau STADPRO, ada beberapa parameter yang harus kita perhatikan.

Beberapa parameter tersebut adalah :
  1. Tegangan maksimum  550 MPa
  2. Kuat leleh 550 MPa
  3. Modulus geser 80.000 MPa
  4. Modulus Elastisitas 200.000 MPa
  5. Berat Jenis 7400 kg/m3
Source : Handbook Energy and Calculation with Directory of Products and Services, Pister D OSBORN. Butterworth & Co. (published), 1985, UK

Peraturan Muatan Indonesia 1970, Depth. PUTL, DC DPMB 1980, Bandung

Perhitungan kuda- kuda rangka baja ringan sangat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak antar kuda- kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda- kuda atap baja bisa dibuat setiap 1,4 m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda- kuda atap baja ringan menjadi 1,2 m.
 Gambar 1. Pemasangan Rangka Atap Kuda- Kuda

Konstruksi atap baja ringan ini tidak membutuhkan konstruksi tambahan karena bobotnya lebih ringan dari material kayu, sehingga struktur rumah Anda sudah cukup kuat untuk menahan beban atap tersebut. Hanya ada sedikit catatan untuk material penutup atap atau genteng yang akan digunakan, karena semakin berat jenis genteng yang digunakan, maka jarak antar rangka kuda- kudanya semakin rapat sehingga beban atap pun akan semakin berat. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari atap baja ringan :

Kekurangan  :
  1. Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
  2. Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya).
  3. Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. (makanya jarang digunakan pada bangunan tradisional…)

Kelebihan:

  1. Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya).
  2. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
  3. Tidak bisa dimakan rayap (memangnya rayap makan baja atap ringan…?.)
  4. Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  5. Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin (itu kata aplikatornya lho).

Jika anda menggunakan genteng metal untuk penutup atap rumah, tentunya material ini sudah sesuai untuk diaplikasikan pada konstruksi baja ringan karena bobot genteng ini juga sangat ringan sekitar 5 kg/m2. Jika ingin mengaplikasikannya pada rangka kayu juga tidak masalah, Anda hanya harus menyesuaikan jarak reng yang disyaratkan oleh produsen genteng metal tersebut, karena bentuk dan ukuran genteng metal ini juga bervariasi. Genteng metal ini juga bebas perawatan karena tahan terhadap karat, jamur, pecah serta perubahan warna karena faktor cuaca.
Gambar 2. Jenis- jenis Genteng Metal
Pengerjaan konstruksi atap baja ringan ini membutuhkan keahlian khusus, sehingga praktisnya anda dapat menghubungi beberapa aplikator baja ringan untuk dapat membandingkan harga serta kualitasnya. Anda cukup menyerahkan desain arsitektur dari bangunan anda atau mengundang aplikator tersebut untuk mensurvei bangunan anda dan mereka akan membuat rancangan atap dengan menggunakan software khusus yang hasilnya lebih akurat.
Harga Grosir Rangka Atap Baja Ringan Semarang Per M2 | Distributor | Produsen | Jasa Pemasangan Berpengalaman
Penelusuran yang terkait dengan atap baja ringan semarang | rangka atap baja ringan | jual atap baja ringan | produk atap baja ringan | atap baja ringan solo | semua pilihan atap baja ringan | distributor baja ringan semarang | pabrik baja ringan | baja ringan murah
0 Komentar untuk "0816587022 Harga Grosir Rangka Atap Baja Ringan Murah Semarang Per Batang"

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Back To Top